Dummy Utama

Jumat, 11 Juli 2014

Apa serta Bagaimana Membangkitkan Motivasi dlm Diri

Apa serta Bagaimana Membangkitkan Motivasi dlm Diri

Gak jarang orang di Indonesia mengatakan: “Saya malas, ane gak termotivasi!” Saya selalu menunda-nunda. Mereka yg gak memliki motivasi, antara lain yg gak melakukan apa-apa, bingung mau mengerjakan apa, menunda-nunda sehingga pekerjaannya semakin menumpuk, bisnisnya berantakan, terlalu banyak yang tak diselesaikan.

Dalam artikel ini Anda akan mengenali motivasi dari berbagai hal yang dpt membangunnya. Kesalahan orang dlm membangun motivasi, & bagaimana mempertahankannya. Jika kita tak membangun motivasi dgn tepat, maka semua cuma sia-sia & cuma bertahan sebentar saja. Dengan mengenali Engkau memiliki pola pikir seperti apa, Lw lebih termotivasi lantaran apa, & apa yg menyalakan api Engkau dari dalam diri Anda, dan memiliki kekuatan dan dorongan utk mempertahankannya, Anda dapat menggapai kesuksesan Anda.

Apa itu motivasi?
Dua Bentuk Motivasi
Membangun Kejelasan & Goal
Pola Pikir Bertumbuh atau Pola Pikir Mati
Motivasi Terbesar dlm Diri Manusia
End Value & Mean Value
Willpower: Kunci Sukses
20 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Selalu Termotivasi

Apa itu Motivasi?
You miss 100% of the shots you don’t take. –Wayne Gretzky

Anda ngga menerima satu hal pun bila Kamu tdk bertindak. Motivasi ialah dorongan dlm diri kita yg membuat kita bertindak. Motivasi adalah sebuah proses yg membuat kita memulai, dan motivasi membimbing kami untuk melakukan hal yg sesuai dengan tujuan tertentu, & mempertahankannya hingga tujuan tersebut tercapai. Seandainya Sampean mau membaca artikel ini, kemungkinan ada satu atau beberapa aspek dalam kehidupan Nte yang Anda merasa kurang motivasi atau kurang bertindak atau banyak menunda.

Jika kami melihat definisi motivasi di atas, maka satu hal yg kita butuhkan adalah kejelasan. Jelas dgn apa yang kami inginkan dan jelas bahwa diri kita layak untuk mendapatkannya, jelas dalam diri bahwa kami dpt mengerjakan sesuatu, merasa mampu utk mencapainya.

Banner-6


 

Apa yang menghambat seseorang sehingga tak ada motivasi dalam dirinya?

Pertama tentu kami perlu melihat kembali masa kecil kita. Siapa yg masa kecilnya, sama sekali tdk termotivasi. Pernah lihat balita malas-malasan? Kecuali dia sakit atau ada kejadian traumatis yg meng-imprint sebuah program yg membuatnya demikian. Nah, bagaimana bila si Balita ini menginginkan sesuatu? Perhatikan, balita ini menginginkan sesuatu. Berarti dia memiliki tujuan. Bagaimana sikapnya?

Dia akn mengerjakan apapun utk mendapatkanya, betul? Jika dia sudah dapat berbicara, dia bisa jadi seorang salesman yang sangat luar biasa, abdi pikir Jordan Belfort pun dpt kalah sama anak kecil ini. Balita yg sudah dapat bicara akan menggunakan segala akalnya untuk selalu mendapatkan apa yg ia inginkan. Dan dia sangat memahami bahwa, seandainya orangtuanya berkata tidak, itu bukan berarti selamanya tidak. Ia akn mencoba dengan cara lain, di lain waktu, & tersebut biasanya ngga sampai lima menit sudah mencoba kembali.

Kebayang situasi itu? Itulah motivasi. Serta kabar baiknya, Nte semuanya, Saya, setiap orang, juga demikian ketika kita masih kecil dulu. Lalu mengapa sekarang hilang? Ini lantaran satu emosi yg mendorong kita termotivasi seperti tersebut sudah lenyap, atau paling tak kecil. Apa itu? Rasa kepingin tahu. Mengapa rasa kepingin tahu? Karena rasa kepingin tahu akn membuat semua orang mengerjakan sesuatu utk mengalaminya, mendapatkannya, serta menjawab rasa ingin tahunya.

Mengapa hilang? Banyak hal yg menyebabkannya, tetapi kalau dpt disimpulkan, maka itu merupakan pemrograman yg salah. Misalnya ketika kami dpt bicara, kami selalu bertanya, kenapa ini? Kenapa itu? serta orangtua kami yang kelelahan mengatakan, “Bisa diam ga sih, mama lagi capek nih.” Tersebut salah satunya. Salah duanya adalah saat kita di sekolah, sekolah merupakan satu tempat yang membuat kita takut salah. Lantaran kalau salah, dihukum, diejek sama teman, dpt nilai jelek. Jadi salah adalah biang keroknya, supaya ga salah, ya gampang, tdk mengerjakan apa-apa.

Baik, bila sudah terjadi dalam diri Anda, maafkanlah orangtua Anda, maafkan diri Anda, maafkan semua org yang membuat Sampean tidak termotivasi, tdk berani mengerjakan sesuatu walaupun api rasa kepingin tahu Nte begitu besar dalam diri Anda. Ambil tanggung jawab. Ini merupakan kehidupan Anda. Bukan berarti Anda salah, tetapi Anda bertanggungjawab. Tak ada org lain di dunia ini yg bertanggungjawab atas kehidupan Lw kecuali diri Lw sendiri.

Sudah siap mengambil tanggungjawab 100%? Ya? Great! Sekarang kita membahas lebih dalam lagi.

Dua Bentuk Motivasi
Ada dua tipe org kalau kita lihat dari cara ia termotivasi. Yang pertama ialah ia termotivasi kalau mau mencapai sesuatu. Kami menyebut orang ini mempunyai motivasi mendekati, atau moving toward. Contohnya, org termotivasi utk menerima sesuatu, mendapatkan pacar misalnya, ia akan memikirkan apa yg bisa ia lakukan bersama pacarnya – nonton, makan bareng misalnya, jangan mikir yg bukan-bukan – kebahagiaan apa yang bisa ia dapatkan kalau dia punya pacar.

Yang kedua adalah org yang termotivasi jika akn kehilangan sesuatu atau akan terjadi sesuatu yg tak diinginkan. Ini kami sebut sebagai org yang menjauhi, atau moving away. Ia sangat termotivasi jika sesuatu yang negatif akn terjadi. Contohnya utk mendapatkan pacar, ia berpikir, usia, kalau usia begini masih belum pacaran malulah, apa kata dunia?

Anda termasuk yang mana? Hehe, tetapi yang terpenting merupakan tidak mengkotak-kotakkan. Dua hal ini ada dalam diri kita, bila kami dpt memanfaatkan kedua dorongan ini dengan baik, ngga ada yang dpt menghentikan kita. Karena pikiran kita selalu bekerja dgn prinsip mencari nikmat menghindari sengsara.

Mencari nikmat artinya kita menjalankan motivasi mendekati. Menghindari sengsara artinya kami menjauhi sesuatu. Secara alamiah, manusia akan lebih terdorong dari menghindari sengsara, salah satu penyebabnya ialah lantaran ia gak ingin kehilangan apa yg telah ia miliki.

Gunakan dalam porsi yg tepat untuk membangun motivasi Anda. Bila Engkau lebih “Mendekati”, berilah porsi yang lebih besar pada alasan mengapa Anda perlu mencapai tujuan itu, apa kenikmatan & manfaat yg dpt Sampean dapatkan. Sebaliknya, Jika Sampean lebih cenderung “Menjauhi”, gunakan alasan lebih banyak yang menjauhi, apa yg dapat diselamatkan, atau dapat gak terjadi bila Kamu mencapai tujuan itu.

Membangun Kejelasan dan Goal
Clarity affords focus. – Thomas Leonard

Dalam sebuah situasi kelas, seorang guru tiba-tiba meminta Badu utk maju, tanpa alasan yg jelas. Tdk tahu guru ini maunya apa, untuk apa, serta mengapa. Bagaimana sikap Badu ketika ia “terpaksa” maju? (Karena ngga ada pilihan baginya utk gak maju.) Apakah ia termotivasi? Atau bingung dan agak malas?

Tentu kami sepakat yg kedua, bingung serta malas. Mengapa? Karena dia gak jelas apa yg akan terjadi, apa yang harus ia lakukan, dan untuk apa.

Jika gurunya mengatakan, “Badu, Ibu kepingin anda menunjukkan kepada teman-teman anda bagaimana anda menyelesaikan soal yg rumit itu.” Berarti di sini sudah ada kejelasan. Bagaimana sikap Badu? Tentu ia bersemangat, ia tahu apa yang harus ia lakukan. Walaupun mungkin dia malu-malu, tapi dia ingin banget. Bangga bukan?

Dalam kehidupan Anda, apakah ada org lain yang dapat memberikan Kamu kejelasan? Ada. Jika Anda mengandalkan org ini, maka Anda akn selalu tergantung pada orang luar. Bukan diri Engkau sendiri. Sampean akan terbiasa utk didorong dari luar. Bukan dari dalam. Apa yg terjadi? Anda akan hidup utk org yg memiliki impian serta motivasi, bekerja utk mewujudkan impian org lain, bukan impian Sampean sendiri. Atau bila Nte kehilangan orang itu, Kamu juga akan kehilangan motvasi Anda.

Bangun kejelasan dlm diri Nte sendiri. Apakah Nte mempunyai impian untuk menjadi org hebat, karyawan hebat, pengusaha hebat, atau apapun juga. Yg penting Engkau mempunyai kejelasan apa yg ingin Lw lakukan, apa yang akan Nte capai, nilai apa yang Engkau dapatkan, kontribusi apa yang Sampean berikan, pertumbuhan dalam diri seperti apa yg harus terjadi.

Begitu Kamu jelas, tidak sulit sekali bagi Nte utk bergerak. Jangan menunda membangun kejelasan dlm diri Anda.

Banner-6

Pola Pikir Bertumbuh atau Pola Pikir Mati
I think anything is possible if you have the mindset and the will and desire to do it and put the time in. – Roger Clemens

Dalam buku yang berjudul Mindset, Carol S. Dweck memaparkan bahwa manusia menjalankan kehidupannya dgn salah satu dari dua pola pikir ini. Apakah dia merasa bahwa kehidupannya sudah takdir, ia gak bisa, ia ngga berbakat, ia ngga yakin diri, ia cuma dpt begitu & tdk dpt seperti org lain, yang mana ini disebut dengan pola pikir mati. Ia merasa segala hal di dunia ini biaya mati. Bila sudah A ya akan A selamanya.

Sedangkan org yang menjalankan kehidupannya dgn pola pikir bertumbuh adalah ia merasa apapun di dunia ini dpt asal ia tahu caranya, ia bisa mengembangkan dirinya untuk bisa mencapai apa yg ia inginkan. Asal ada niat, maka apapun dpt dipelajari, apapun dapat dicapai.

Anda termasuk yang mana? Jika Lw merupakan orang yg berpikir segala hal sudah harga mati, segeralah kembali ke jalan yg benar :P

Motivasi Paling Besar dalam Diri Manusia
Only those who have learned the power of sincere and selfless contribution experience life’s deepest joy: true fulfillment. – Tony Robbins

Anthony Robbins, salah seorang Trainer motivasi paling baik di dunia, mungkin yang terbaik, mengatakan bahwa manusia yg sukses selalu terdorong dari dua motivasi ini, pertumbuhan & kontribusi.
Cara memperbaiki keyboard laptop
Apa yang dpt membuatnya maju, lebih baik, lebih bijak, lebih pintar, lebih matang, serta kontribusi apa yg dpt ia berikan utk masyarakat & dunia ini. Dorongan ini jauh lebih kuat dari apapun di dunia ini. Inilah yg dpt membuat irang mengerjakan sesuatu tanpa kenal lelah.

Apa yang mendorong Anda dari dalam? Apa kontribusi yg ingin Engkau berikan utk keluarga, masyarakat, atau Indonesia bahkan dunia? Kamu bisa membuat perbedaan. Engkau mempunyai hal yang luar biasa dalam diri Anda. Potensi ini sedang menunggu Engkau utk memanggilnya.

Salah satu hal yang pelajari dari proses ane menjadi seorang pengusaha adalah jangan jadikan pengusaha sebagai tujuan Anda. Karena Lw hanya akn mencari sebuah bisnis & mendirikan atau menjalankannya, serta tujuan Kamu tercapai, lalu Nte akan bingung, ke mana bisnis itu akan Kamu bawa, bagaimana menjalankan dan membangunnya semakin baik. Mengapa? Karena tujuan Anda sudah tercapai, pikiran Anda gak jelas lagi Nte kepingin bagaimana.

Apa yg perlu Engkau lakukan ialah milikilah dorongan untuk melakukan sebuah kontribusi yang bermakna bagi Sampean serta masyarakat, & biarkan kontribusi itu membimbing Engkau menjadi pengusaha agar apa yg ingin Anda kontribusikan bisa tercapai. Contohnya abdi mau membangun kebiasaan membaca di Indonesia, akhirnya muncullah ide yang membuat ane membuat tantangan 30 Hari Membaca, yg tak hanya membangun kebiasaan membaca, tetapi juga menggerakkan perekonomian, lantaran setiap anggota dpt merekomendasikan & mendapatkan penghasilan dari program ini.

Dorongan saya utk dpt membuat semua org yang ingin maju serta belajar dari yg terbaik di mana saja, kapan saja dengan harga yan terjangkau membuat ane membangun tim utk dapat mewujudkan program Aquarius Learning.

Banyak orang menyalah artikan Mean value dan End value, inilah yg membuat orang menjalani kehidupannya, hingga satu titik, kok cuma begini ya…

End Value dan Mean Value
Apa tersebut Mean value? Mean value merupakan apa yang perlu kami miliki, jadi, kembangankan untuk mencapai end value kita. Ini adalah cara kita mencapai apa yang benar-benar kita inginkan dari dalam. Misalnya, menjadi lulusan terbaik, itu adalah mean value, bukan end value. Menjadi pengusaha tersebut mean value, bukan end value. Utk apa Kamu jadi pengusaha atau lulusan terbaik? Agar Lw dpt berkontribusi. Agar Lw bisa membahagiakan orangtua & dpt melakukan perbedaan dalam kehidupan keluarga, serta kehidupan orang lain yg terinspirasi oleh Lw misalnya, ialah end value.

End value ialah hasil akhir yang kita inginkan. Jika kita salah mengejar, maka kita pada akhirnya akan merasa semua yg Lw lakukan sia-sia saja. Keliru membedakan dua hal ini membuat kami gak bahagia.

Misalnya seorang pengusaha mempunyai end value untuk memiliki waktu dengan kuantitas & kualitas yang baik bagi keluarganya. Lalu ia dalam tahap di mana bisnisnya membutuhkan banyak pikiran & kerja fisik dan menghabiskan banyak waktu di kantor. Pengusaha ini akn terjebak dalam mean value bukan end value, jika ngga membagi waktunya dgn baik dan harmonis.

Willpower: Kunci Sukses
“Strength does not come from physical capacity. It comes from an indomitable will.” – Mahatma Gandhi

Sudah ialah hal yg tdk dapat kami hindari bahwa lingkungan kami lebih banyak negatifnya. Banyak pencuri impian, yang mengulas Kamu ngga bisa, mengkritik Anda, membuat Lw tak termotivasi lagi. Kecenderungan dlm diri kita juga demikian. Manusia sudah cenderung mengerjakan hal yg tidak sulit serta cepat dpt hasil. Mau nyaman, langsung malas-malasan di rumah serta tdk bekerja ialah salah satunya.

Daripada melakukan hal yg benar-benar diperlukan agar ia bisa nyaman dgn lebih baik, menyelesaikan semua permasalahan & mencapai tujuannya, kami lebih cenderung mencari hal yg mudah dilakukan. Sekali lagi, ini dibutuhkan kejelasan apa yg benar-benar Engkau inginkan.

Tapi bagaimana menghadapi semua tantangan itu? Sampean memerlukan tekad kuat. Memerlukan willpower. Dengan tekad, Anda dpt mengatasi semua hal yang menjadi tantangan Anda. Untuk membangun kebiasaan Anda. Untuk dpt mengulas mana yg hrs Nte lakukan dan mana yg tidak perlu Sampean lakukan. Untuk memilih mana yg bisa membangun kehidupan Engkau serta mempertahankannya hingga satu titik itu menjadi kebiasaan, serta Kamu gak memerlukan willpower ini lagi untuk menjalakan kebiasaan itu.

Willpower Anda dapat digunakan untuk membangun kebiasaan lain yg akan mengembangkan dan membuat Nte dpt memberikan kontribusi yang lebih besar.

Willpower kami dalam sehari ada batasnya. Bila kita menghadapi banyak tantangan dan pemikiran yg menguras willpower ini, di akhir hari, kita akn tidak susah tergoda utk melakukan hal yg gak semestinya kita lakukan. Willpower dapat membuat kita mengendalikan diri dgn lebih baik. Memilih apakah harus marah atau melihat sudut pandang lain lebih bijak.

Willpower yg sangat terbatas ini perlu digunakan untuk melakukan hal yg tepat di pagi hari, sehingga Nte tdk saja menggunakannya dgn efektif, tetapi bahkan menambahkan willpower ini semakin banyak lantaran Sampean merasa sukses, merasa produktif, merasa meraih kemenangan. Walaupun itu adalah kemenangan kecil.

Banner-6

20 Hal yang Perlu Dilakukan untuk Selalu Termotivasi
Catat perkembangan Anda. semakin kami mengetahui sampai di mana kita, apa perkembangan yang sudah kami hasilkan, maka semakin motivasi diri kami meningkat. Sekali lagi, kejelasan membangun motivasi. Perkembangan yang Anda catat jg adalah perkembangan yg positif, karna Sampean perlu melihat hasilnya. Bandingkan dengan tujuan akhir Anda.
Tahan diri Anda. Banyak orang yg sangat termotivasi melakukan sesuatu & langsung jor-joran melakukannya. Contohnya fitness, hari pertama fitness langsung kerja keras dan akhirnya kelelahan, besok tdk kepingin melakukannya lagi.Ini merupakan pendekatan yang salah. Mulailah langkah demi langkah, buat jadi kebiasaan. Berhentilah saat Nte merasakan kenikmatan. Karena tersebut akan membuat Engkau kembali & kembali lagi.
Berkumpulah dgn orang yang membangun motivasi Anda. Baik online maupun offline, berkumpulah dengan mereka agar Engkau dapat belajar & melihat perkembangan mereka.
Letakkan gambar yg mewakili impian Anda di tempat-tempat yang dpt Sampean lihat dengan mudah. Di meja kerja Anda, di kulkas, di mobil Anda. Apa yg Kamu fokuskan akn menarik perhatian Nte utk mencari cara mengerjakan hal yg tepat utk mencapainya.
Carilah partner kerja atau seseorang yang jg sedang termotivasi mengejar sesuatu. Jadikan partner ini pemanas satu sama lain. Ia akn membantu Engkau membangun motivasi diri Anda.
Mulailah. Engkau tak perlu dapat melihat semua perjalanan hingga tujuan utk mulai melangkah. Bayangkan seperti mobil di malam hari. Sama seperti lampu mobil saat berjalan di malam hari, mungkin Kamu cuma dapat melihat jarak 10 meter ke depan, majulah, mulailah, & Anda akan melihat 10 meter yg lebih jauh. Engkau akn tahu apa yg hrs dilakukan selanjutnya.Anda gak perlu melihat keseluruhan tangga utk mulai ambil langkah pertama Anda. Diam saja sambil menunggu melihat semua proses akan membuat Lw suatu hari mengatakan, sayang ya, org lain sudah duluan. Mungkin Nte duluan menyadari hal itu, tetapi Sampean menunggu, dia tidak.
Jadikan kegiatan tersebut menyenangkan. Berikan makna dalam kegiatan Anda. Salah satu hal yg membuat kami menunda serta ngga memiliki motivasi untuk menjalankannya adalah kami merasa kegiatan tersebut sulit dan membosankan. Berikan makna serta kesenangan di dalamnya.
Bersabar. Segala hal membutuhkan waktu utk terwujud. Bila Nte memaksakan diri Engkau cuma membuang energi & membuat prosesnya jelek, dan hasilnya ngga sesuai keinginan Anda. Bayangkan bila Kamu tidak sabar dan membelah kepompong sebelum masanya tiba, Engkau ngga akan melihat kupu-kupu yg indah.
Pecahkan menjadi langkah kecil. Tujuan kita mungkin sangat besar & berpikir untuk langsung mencapainya bisa jadi menjatuhkan mental dan motivasi, jadikan langkah-langkah kecil sehingga Lw dapat membuat kemajuan. Perasaan membuat kemajuan jauh lebih bermakna dari pada merasa tdk ada kemajuan karena patokan gol nya terlalu jauh dan terlalu besar.
Berikan Kamu penghargaan, sesering mungkin. Seperti misalnya, Lw menyelesaikan satu gol kecil. Berikan Anda pujian atau sesuatu yang tentu harus sebanding dengan apa yg sudah Sampean lakukan. Jangan baru lari satu kilo penghargaannya jalan-jalan ke Bali seminggu. Ga masuklah. hahaha
Carilah Inspirasi. Memang inspirasi paling baik ialah dari dalam diri. Namun, kita juga memerlukan dari luar. Bukan sebagai sumber utama, namun sebagai penambah yang dpt memanasi mental & motivasi kita, & merasa jika orang tersebut bisa Nte jg bisa.
Belajar & terus bertumbuh. John C. Maxwell menjelaskan alasan mengapa ada jeda waktu antara Lw sekarang dgn tujuan Kamu adalah karena Anda hrs bertumbuh utk bisa mendapatkan & mewujudkan goal itu dlm diri Anda. Ambil kelas. Sewa seorang pelatih. Baca buku yg banyak. Lantaran saat kami tahu dan paham, tindakan kami akan semakin baik dan efektif.
Memiliki alasan yang kuat. Tuliskan serta pastikan ini merupakan end value, bukan mean value. Anda akan lebih termotivasi bila Lw mengetahui end value Anda. Serta pastikan Lw selalu bisa melihat dan mengingatnya.
Sadari dorongan yg membuat Anda ingin berhenti, & bersiaplah menghadapinya. Ini dorongan alamiah. Bersiaplah, jika tidak, Anda mungkin kalah serta berhenti mengerjakan apa yang menjadi motivasi awal Anda.
Buat aturan untuk tidak pernah melompati 2 hari tanpa mengerjakan apa yang hrs dilakukan utk mencapai goal Anda, untuk membangun kebiasaan. Karena akn membutuhkan willpower yg lebih besar untuk memulai kembali. Bangun momentum, dan semuanya akan semakin mudah.
Bayangkan goal Anda. Masukkan semua perasaan Sampean dlm visualisasi Anda. Perasaan merupakan katalis yang bisa membakar motivasi. Lakukan setiap hari, 5 hingga 10 menit sehari, baik mean value maupun end value.
Catatlah semua perkembangan Anda, sudah hingga sejauh apa,  pembelajaran apa yg Anda dapatkan, kesalahan apa yg telah Sampean lakukan, apa yg dpt Sampean lakukan untuk meningkatkannya.
Berkompetisi dengan positif dalam lingkungan kerja Anda. Anda bisa juga melakukannya dengan partner Anda.
Buatlah komitmen publik. Katakan pada org lain apa yang kepingin Lw lakukan. Motivasi tak akn pernah bertahan lama tanpa komitmen. Dan komitmen publik adalah yang terkuat, lantaran Nte ngga kepingin malu tak bisa melakukannya.
Selalu melihat hal yang baik. Bukan berarti secara buta berpikir positif, tapi selalu mempertahankan pikiran & badan yang positif, Lw memerlukannya utk menghadapi semua tantangan yang menguji, apakah Lw layak mencapai impian Anda.
Itulah hal-hal yang perlu Nte ketahui, buat, jalankan agar motivasi diri Lw selalu pada level atas. Apakah pandangan Anda, serta tambahan apa yg dibutuhkan utk meningkatkan motivasi diri? Sampaikan di opini di bawah ini. Sukses selalu & selamat termotivasi dgn diri Anda.


Sumber :: http://www.adhitsblog.com/2014/07/cara-memperbaiki-keyboard-laptop-dengan-mudah.html

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apa serta Bagaimana Membangkitkan Motivasi dlm Diri

0 komentar:

Posting Komentar